Lompat ke isi utama

Berita

Penerapan Semangat Sumpah Pemuda Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024

BANGKINANG, Bawaslu Kampar- Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Badan Pengawas Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar, Fadriansyah, menyampaikan untuk menerapkan pengamalan Semangat Sumpah Pemuda Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024.

Hal ini disampaikan Fadriansyah saat menjadi Pembina Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 di Lapangan Bawaslu Kabupaten Kampar, Sabtu (28/10/2023).

Tampak hadir Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kampar, Miki AB serta staf Sekretariat PNS/PPNPNS Bawaslu Kabupaten Kampar sebagai Peserta upacara.

Dalam amanatnya, Fadriansyah menyampaikan bahwa Peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda (HSP) Tahun 2023 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan persatuan para pemuda untuk memajukan Indonesia. Ini sejalan dengan tema HSP ke-95 “Bersatu Memajukan Indonesia”.

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 kali ini sebuah seruan kepada para pemuda agar bersatu padu membangun bangsa dan negara ini, agar Indonesia menjadi negara maju,” ucap Fadriansyah.

"Dengan momentum Hari Sumpah Pemuda ini tak hanya bersatu, semoga semangat Sumpah Pemuda dapat meningkatkan semangat kita dalam kegiatan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 ini," tambah Fadriansyah.

Fadriansyah juga menyampaikan kalimat Bung Karno, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,”. Sebuah kalimat legenda yang sempat dipekikkan oleh bapak bangsa, Bung Karno, tokoh pemuda saat itu.

"Ucapan ini sangat dalam maknanya, kita sebagai Generasi Muda harus berani menghadapi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang berasal dari dalam maupun dari luar diri kita. Ide-ide serta gagasan dari kaum muda sangat diharapkan terkhusus untuk menyongsong Pemilu Tahun 2024 yang sudah di depan mata,” jelasnya.

Seperti biasanya, terdapat pelaksanaan upacara peringatan Hari Hari Sumpah Pemuda di tingkat Pusat, Daerah, hingga Satuan Pendidikan, termasuk Bawaslu Kabupaten Kampar.

Hari Sumpah Pemuda tahun ini bertemakan “Bersama Majukan Indonesia”. Setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis : Zulfadli
Dokumentasi : Humas Bawaslu Kampar

Tag
BERITA
Tak Berkategori