Ketua Bawaslu Tinjau PSU Pilkada Rokan Hulu

BANGKINANG – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu-Red) Republik Indonesia Abhan melaksanakan monitoring pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Rabu (21/4/2021). Abhan meminta masyarakat untuk melapor ke Bawaslu jika menemukan kecurangan dalam pelaksanaan PSU.

“Masyarakat bisa melapor kepada Pengawas TPS, Panwaslu Kecamatan, maupun Bawaslu Kabupaten. Semua ada mekanismenya jangan anarkis. Kita selesaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya saat mengawasi PSU di TPS 28 Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Rabu (21/4/2021).

Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitui (MK), Pilkada Rohul harus melaksanakan PSU di 25 TPS. Perintah melaksanakan PSU dikarenakan terdapat mobilisasi pemilih di 25 TPS dan adanya proses pemungutan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pria asal Pekalongan Jawa Tengah ini menilai jajaran pengawas pemilu di Riau sudah melakukan pengawasan secara baik terhadap pelaksanaan PSU di Rokan Hulu dan Indragiri Hulu. Ia berharap PSU dapat berjalan baik sehingga nantinya terpilih pemimpin yang dapat segera mmembagun serta menyejahterakan masyarakatnya.

Pada kesempatan tersebut Abhan juga menyampaikan bahwa salah satu yang harus ditaati dalam pelaksanaan PSU adalah semua pihak mematuhi protokol kesehatan. Dalam pemantauan tersebut, Ia memberikan apresiasi kepada masyarakat atau pemilih yang telah datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. “Saya bahagia melihat antusias masyarakat di 25 TPS yang berada di wilayah perusahaan perkebunan. Semuanya telah mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Saat melakukan pengawasan Abhan didampingi jajaran Bawaslu Provinsi Riau dan beberapa lembaga terkait, yaitu Gubernur Riau, Kapolda Riau dan Danrem 031/WB.***

Editor: Zulfadli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.