Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Konsolidasi Stakeholder, Syawir : Upaya Harmonisasi dan Sinkronisasi Pemangku Kepentingan di Pilkada Serentak Tahun 2024

pembukaan

Pembukaan Rapat Konsolidasi ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, SE.,M.IKom

 

BANGKINANG KOTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kampar telah melaksanakan kegiatan Rapat Konsolidasi Stakeholder, pada hari Selasa (17/09/2024) pagi hingga sore, kemarin, bertempat di salah satu hotel di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar berjalan lancar dan meriah.

Rapat Konsolidasi Stakeholder ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pengawasan pada Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Kampar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang sebesar-besarnya kepada seluruh Stakeholder dengan tulus dan ikhlas meluangkan waktu untuk menghadiri Rapat Konsolidasi Stakeholder yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Kampar.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya harmonisasi dan sinkronisasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Kampar," ujar Syawir.

Ditambahkan Syawir, bahwa kegiatan ini diikuti berbagai Stakeholder yang telah berkenan hadir dan mengikuti Rapat Konsolidasi Stakeholder dalam rangka terlaksananya pengawasan di Pilkada.

Foto Bersama

"Kita mencoba melakukan terobosan dan inovasi secara mendasar da mengajak semua pihak untuk memahami regulasi dalam pelaksanaan Pilkada pada satu arah menuju Pilkada bermarwah untuk disepakati bersama," terangnya.

Lanjut Syawir, sehingga secara legalita, apa yang dibolehkan, apa yang mestinya dilarang serta apa yang menjadi ancaman atau sanksi jika peraturan dan perundang-undangan ini dilanggar, seyogya nya semua mampu memahaminya secara gamblang.

"Kegiatan ini tentu menjadi kehormatan bagi Bawaslu Kampar karena yang menjadi tamu, undangan, peserta adalah Stakeholder pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kampar," sebutnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan pengawas di tingkat kecamatan, kelurahan/desa se kabupaten Kampar menjadi peserta. Pengawas Kelurahan/Desa ini menjadi ujung tombak dan garda terdepan pengawasan ditingkat bawah, yang notabenenya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat ditingkat bawah.

Kemudian, dari Stakeholder yang dilibatkan yakni terdiri dari Camat, Kapolsek, Danramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Kesbangpol, organisasi wartawan dan insan pers di Kabupaten Kampar.

"Sebuah kehormatan juga kehadiran dari Pemerintah Daerah, Forkopimda, KPU Kampar dan Empat (4) Balon Bupati Kampar dan Wakil Bupati Kampar juga berkenan hadir memenuhi undangan dari Bawaslu Kampar. Semoga ini menjadi bagian dari komitmen bersama dalam menciptakan Pilkada aman, damai dan sejuk di Kampar," harap Syawir.

Syawir berharap dengan adanya kegiatan ini akan terbangun sinergitas, integritas, mentalitas dan netralitas pemangku kepentingan di negeri kabupaten Kampar dalam mewujudkan Pilkada cerdas, berkualitas.

"Pilkada Berada, Riau Beradat" ini sesuai dengan tagline Pilkada Serentak di Provinsi Riau tahun 2024. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat menghasilkan Pilkada yang bersih, adil, damai dan bertanggungjawab," tambahnya.

"Semoga semua peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan manfaat yang besar, sehingga Pilkada Kampar berjalan dengan aman, damai dan sejuk," tutupnya.

Penulis : Andika

Editor : Andika

Dokumentasi : Humas Bawaslu Kampar