Lompat ke isi utama

Berita

Coklit Bersama Pantarlih Pekanbaru-Kampar, Bawaslu Kampar Ingatkan Pengawasan Dilapangan Harus Cermat

Pelaksanaan Coklit di Perbatasan Wilayah

BANGKINANG KOTA - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kampar sampai pada tingkat terbawah terus melakukan pengawas melekat terhadap tahapan kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kabupaten Kampar.

Bawaslu Kabupaten Kampar bersama dengan jajaran tingkat Kecamatan dan Pengawas Desa/Kelurahan sangat memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melakukan Coklit di daerah perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Kegiatan Coklit Bersama ini dilakukan oleh Pantarlih dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar di daerah perbatasan sesuai dengan hasil kesepakatan KPU Kota Pekanbaru dan Kampar, pada hari Senin (08/07/2024) pagi hingga selesai.

Dari Bawaslu Kabupaten Kampar turun langsung Anggota Mustaqiem Akbar dan Fadriansyah didampingi Pengawas Kecamatan Tambang dan Siak Hulu serta jajaran Pengawas Desa/Kelurahan.

Pengawasan ini berjalan aman dan lancar selama kegiatan Coklit Bersama ini dilakukan oleh Pantarlih di beberapa sampel titik lokasi daerah yang berbatasan langsung.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah yang dikonfirmasi melalui Anggota Mustakim Akbar usai pengawasan tersebut, di Bangkinang Kota, menyampaikan bahwa pengawasan dilakukan di wilayah perbatasan ini harus betul-betul cermat.

Coklit Perbatasan 1

"Ini ada penduduk secara administratif masuk Kota Pekanbaru, namun secara faktual berdomisili di wilayah Kampar," tegasnya

Mustaqim juga berharap dengan adanya tahapan Coklit Bersama di daerah perbatasan Kota Pekanbaru dan Kampar sehingga ini menjadi antisipasi dari Bawaslu Kampar.

"Kami dari Bawaslu Kampar melakukan pengawasan melekat terhadap Pantarlih dalam tahapan Coklit. Ini untuk mencegah tidak terjadinya data pemilih ganda pada saat Pilkada Serentak Kampar berlangsung," kata Mustaqim.

Mengakhiri wawancara tersebut, Mustaqim mengingatkan kepada jajaran Pengawas dilapangan agar melakukan dengan sepenuh hati dan benar-benar cermat.

"Saya wanti-wanti kepada jajaran dibawah dalam melakukan pengawasan dilapangan agar benar-benar cermat pada tahapan  coklit," tutupnya.

Sebelumnya pada saat kegiatan ini berlangsung, KPU Kampar dan Kota Pekanbaru bersama dengan KPU Provinsi Riau, Bawaslu Riau turun dengan Pantarlih melakukan Coklit bagi masyarakat yang terdaftar pada Daftar Pemilih pada Pemilu Tahun 2024 dalam menghadapi tahapan Pilkada Serentak di Provinsi Riau.