Lompat ke isi utama

Berita

Car Free Day : Sosialisasi Pemilihan Secara Tatap Muka, Ketua Bawaslu Kampar Bacakan Deklarasi Pilkada Damai 2024

ketua

Syawir Abdullah saat penandatanganan deklarasi Pilkada Damai 2024 bersama Forkopimda dan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kampar

foto bersamaa

BANGKINANG KOTA - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kampar Syawir Abdullah membacakan secara langsung Deklarasi Pilkada 2024 bersama dengan pihak terkait, pada acara Sosialisasi Pemilihan Secara Tatap Muka di Car Free Day, Ahad (15/09/2024) pagi, di Lapangan Pelajar, Bangkinang Kota.

Saat membacakan Deklarasi Pilkada 2024, turut serta diikuti oleh Anggota Bawaslu Provinsi Riau Indra Kholid Nasution, Penjabat Bupati Kampar H Hambali, Kapolres Kampar, Ketua KPU Kabupaten Kampar, Pasangan Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Selain itu, ada perwakilan Dandim 0313/KPR,  perwakilan Danyonif 132/Bima Sakti Salo dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kampar Miki AB, Mustaqim Akbar, Mhd Amin dan Fadriansyah.

Deklarasi ini disaksikan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kampar dan Bendahara, ASN, Staf, Ketua dan Anggota Panwascam Se Kabupaten Kampar, Staf Sekretariat Panwascam, Pengawas Desa/Kelurahan, seluruh undangan dan peserta Car Free Day yang ditaja oleh Bawaslu Kabupaten Kampar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah membacakan Empat (4) ponit penting pada naskah Deklarasi Pilkada 2024.

Acara Deklarasi Pilkada 2024 ini juga ditandai dengan pelepasan balon secara bersama-sama dan diakhiri membubuhkan tanda tangan serta cap lima jari menggunakan cat berwarna di baliho yang telah dipersiapkan oleh Bawaslu Kampar.

Sebelum acara Deklarasi Pilkada dimulai, para peserta dan undangan terlebih dahulu mengikuti kegiatan CFD dan senam bersama dengan instruktur yang berpengalaman.

Acara diakhiri dengan pencabutan kupon dengan hadirah hiburan dan utama berupa sepeda listrik, kulkas serta sepeda mini yang telah disediakan oleh Bawaslu Kampar dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan seluruh pihak tanpa terkecuali yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini dengan aman, lancar dan sukses.

"Semoga dengan kegiatan ini kita dapat bersama-sama seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kampar dapat menciptakan Pilkada Serentak tahun 2024 yang berjalan dengan damai, aman dan lancar," harap Syawir.

Kemudian Syawir menegaskan bahwa sesuai dengan isi dari Deklarasi Pilkada 2024 yang sama-sama telah dibacakan dan dikuti oleh pasangan Balon Bupati Kampar dan Wakil Bupati Kampar ini dapat dijalankan dan dilaksanakan.

Syawir juga mengimbau juga kepada  masyarakat agar tertib dalam menggunakan kendaraan, jangan memobilisasi massa menggunakan pick up, jaga netralitas ASN, TNI, Pori, Perangkat Desa, jangan ada intimidasi, jangan menebar ujaran kebencian dan berita bohong di media sosial, menolak politik uang dan pemberian dalam bentuk apapun.

"Mari kita ciptakan Pilkada Kampar dengan penuh riang gembira dan masyarakat harus gunakan hak pilih sesuai dengan pilihan masing-masing," tutup Syawir.

Berikut ini Empat (4) isi naskah Deklarasi Pilkada 2024 :

1.Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN di lingkungan instansi masing-masing dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

2.Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi, dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

3.Menggunakan media sosial secara bijak, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.

4.Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun

Penulis : Andika

Editor : Andika

Dokumentasi : Humas Bawaslu Kampar